Jumat, 14 Oktober 2011

SEACRH ENGINE

SEACRH ENGINE


Search Engine adalah suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan, pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. Website search engine yang terkenal adalah Google dan Yahoo. Search engine berfungsi sebagai mesin pencari, mesin pencari ini akan menampilkan informasi berdasarkan permintaan dari user pencari konten, konten yang ditampilkan adalah konten yang memang sudah terindex dan tersimpan di database server search engine-nya itu sendiri. Saat ini sudah mulai banyak website search engine, namun dari sekian banyak search engine yang ada saat ini. Dari ke-10 search engine diatas, saat ini search engine yang paling banyak digunakan dan disebut-sebut sebagai search engine terbaik adalah Google, bahkan saat ini istilah pencarian sudah dikenal dengan istilah googling. Biasanya search engine melengkapi fasilitasnya dengan berbagai macam fitur pencarian diantaranya : Search web, search image, search video, search audio, search document, dan banyak fitur lainnya. Saat ini ada banyak website yang menyediakan mesin pencari. Berikut adalah beberapa search engine / mesin pencari yang terkenal dan banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia.
  • Altavista
    Altavista di keluarkan Desember 1995 oleh Digital Equipment Corporation’s (DEC). Altavista merupakan mesin pencari yang didirikan oleh digital corp. altavista mempunyai kelebihan dalam pencarian canggih (anvanced search) dengan menggunakan operator Boolean AND, OR,(), NOT, NEAR, “, dan *. Kelebihan ini akan mempermudah kita untuk mencari informasi yang lebih spesifik. Altavista merupakan versi pertama ‘Google’ sekitar pada tahun 2000 an, mesikipun kepopuleran sekarang dikuasai Google dan Yahoo. Situs ini masih tetap mempunyai tingkat kunjungan yang tinggi.

  • Alltheweb
    Alltheweb adalah salah satu search engine yang tergabung dalam jaringan Yahoo. Alltheweb bergabung dengan yahoo pada 25 maret 2004. Alltheweb bisa menjadi salah satu search engine pilihan, pencarian alltheweb meliputi : news, picture, video/audio.

  • AOL
    AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama Control Video Corporation (CVC). AOL mempunyai dua URL untuk melayani pencarian pada situs mereka, yaitu aolsearch.aol.com khusus untuk internal dan search.aol.com untuk eksternal. Metode pencariannya berbasis Google, jadi antara Google dan AOL akan menghasilkan data yang mirip dalam proses pencarian.



  • Ask
    Ask didirikan tahun 2000 oleh tim Profesor Apostolos Gerasoulis dari Universitas Rutgers, New Jersey. Ask waktu itu terkenal degan ketepatan link algoritma-nya, yang digunakan pada subyek tertentu di halaman web, sehingga dapat digunakan untuk menganalisis peringkat web. Semakin tinggi peringkat web, maka semakin banyak pula link dari halaman lain di halaman web tersebut..

  • Bing
    Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
2. Images untuk pencarian gambar.
3. News untuk pencarian berita.
4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing
  • Baidu
    Perusahaan Perseroan Terbatas Teknologi Internet Baidu didirikan pada tahun 1999, bisnis utama pada masa permulaan adalah menyediakan teknologi pelacakan kepada situs web ukuran besar. Satu tahun kemudian, pendiri Baidu Robin Yanhong Li dan Eric Yong Xu memutuskan pembukaan situs web pelacakan profesional independen dengan nama "Baidu". Baidu merupakan Search Engine berbasis bahasa Cina,namun mampu menjadi pioner yang dapat mengalahkan Google dari sisi penggunaannya yang berbahasa cina. Tingkat kunjungannya sangatlah tinggi, hingga melebihi 1 Millyar per harinya.

  • Cuil
    Cuil didirikan dan dikembangkan oleh Anna Patterson bersama suaminya Tom Costello. Anna Patterson merupakan mantan insinyur Google yang keluar dari Google tahun 2006. Anna dan Tom juga dibantu oleh 2 orang mantan insinyur Google, Russell Power dan Louis Monier. Cuil juga didukung oleh dana sebesar $ 33 Juta. Dari segi tampilan, Cuil lebih menarik dari Google. Cuil menampilkan format seperti majalah online dan dalam sebuah pencarian akan ditampilkan juga link dan foto yang berkaitan dengan yang dicari tidak seperti Google yang hanya tulisan saja.



  • Deja News

Deja News memiliki kekhususan sebagai search engine untuk mencari berita-berita diskusi dengan fasilitas “deja discussion”, rating product dengan fasilitas “deja rating” dan fasilitas “deja communities” dengan data dari usenet, newsgroup maupun posting yang dikirim melalui web.
Search engine ini sangat membantu bagi yang membutuhkan mencari informasi yang sangat spesifik . Keunggulan lain adalah kemampuannya memberikan informasi yang cukup detil tentang “news reading” dan posting-posting yang dikirim lewat WEB.

  • DMOZ (Open Directory)
DMOZ didirikan pada bulan Juni tahun 1998 oleh Rich Skrenta dibawah nama GnuHoo. Netscape mendapatkan “NewHoo” pada bulan November 1998. Diubah namanya menjadi ODP (Open Directory Project). Rich Skrenta mendirikan Directory Mozilla project (DMOZ) untuk membuat suatu lingkungan yang mendukung yang akan memperbolehkan editor sukarelawan untuk tetap berjalan bersama dengan meledaknya internet. Kerena lebih mengutamakan pada project, tidak ada staff direktori yang boleh mereview, menambah dan mengontrol yang dibuat oleh direktori yang diedit oleh manusia (masalahnya sudah diidentifikasi oleh Yahoo! direktori)

  • Excite
Excite didirikan sebagai Architext pada tahun 1994 oleh Graham Spencer, Joe Kraus, Mark Van Haren, Ryan McIntyre, Ben Lutch dan Martin Reinfried, yang semuanya mahasiswa di Universitas Stanford. Excite merupakan peranti pencari yang sangat digemari. Keunggulannya, Excite dapat menerima operasi logika Boolean dalam pencarian data. Operasi Boolean yang disediakan adalah OR, AND dan AND NOT. Jadi Anda dapat mencari dokumen yang mengandung kedua kata "printer dan inkjet" dengan mengetikkan printer AND inkjet pada kolom pencarian Excite. Tanda kurung untuk menyusun tahapan logika Boolean juga dapat dipakai, contohnya: printer and (inkjet or deskjet). Excite juga dapat mencari kata-kata yang dianggap sebagai satu kesatuan dengan mengapit kata-kata tersebut dengan tanda kurung, contohnya "printer inkjet". Merupakah salah satu dari 10 situs pencari utama menurut Mediametrix.com dan nielsen-netratings.com. Jadi kalau situs Anda ingin dikenal maka daftarkan ke situs pencari ini, dan daftarkan ke jaringan excite. Jaringannya juga terdiri dari Magellan Software.
  • Go (Infoseek)
Go (yang dulunya Infoseek) dikategorikan sebagai salah satu search engine yang dikategorikan baik untuk mengetahui berita – berita terbaru dari “Businesswire”, Reuters, CNN, USA Today dan The New York Times. Selain itu, Go juga memiliki kelebihan direktori yang disusun dengan sistem index yang baik dengan topik-topik yang cukup besar, dibandingkan dengan Yahoo dan HotBot. Go juga memberikan ranking data hasil pencarian sesuai dengan tingkat kebenarannya.
Submit URL : http://go.com/
  • Google
    Google didirikan oleh dua orang mahasiswa dari universitas Stanford yaitu Larry Page dan Sergey Brind. Mereka mendirikan Google ketika mereka masih kuliah. Perusahaan Google Inc bermarkas di Mountain View, California Amerika Serikat. Kata Google berasal dari kata googol. Kata ini berhasil ditemukan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS. Sorotta membuat istilah googol untuk menyebut angka satu (1) yang diikuti 100 angka nol (0). Googol merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi bilangan miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini tidak ada benda yang berjumlah hingga googol-an.
Search engine pertama-tama bekerja dengan mencopy paste semua halaman website yang ada di dunia. Setelah data tersebut masuk kemudian diolah dengan algoritmanya sendiri. Saat pengunjung mencari data yang dibutuhkan, dengan algoritmanya dia menampilkan data sesuai yang  dimasukkan pengunjung. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web. Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.
Sistem kinerja mesin ini ada beberapa hal yang perlu di perhatikan terutama keterkaitannya dengan masalah arsitekrut dan mekanismenya.
1.      Spider, merupakan program yang men-download halaman-halaman yang mereka temukan, mirip dengan browser. Perbedannya adalah bahwa browser menapilkan secara langsung informasi yang ada (baik tekas, gambar, dll). Untuk kepentingan manusia yang menggunakannya pada saat itu, sedangkan spider tidak melakukan untuk menampulkan dalam bentuk yang terlihat seperti itu, karena kepentingannya adalah untuk mesin, bukan untuk manusia, spider pun dijalankan oleh mesin secara otomatis. Kepentingannya adalah untuk mengambil halaman-halaman yang dikunjunginya untuk disimpan kedalam database yang dimiliki oleh search engine.

2.      Crawler, merupakan program yang dimiliki search engine untuk melacak dan menemukan link yang terdapat dari setiap halaman yang ditemuinya. Tugasnya adalah untuk menentukan spoder harus pergi kemana dan mengevaluasi link berdasarkan alamat yang ditentukan dari awal. Crawler mengikuti link dan mencoba menemukan dokumen yang belum dikenal oleh search engine.

3.      Indexer, komponen ini melakukan aktifitas untuk menguraikan masing-masing halaman dan meneliti berbagai unsur, seperti teks, headers, struktur atau fitur dari gaya penulisan, tag HTML khusus, dll.

4.      Database, merupakan tempat standar untuk menyimpan data-data dari halaman yang telah dikunjungi, di-download dan sudah dianalisis. kadang kala disebut juga dengan index dari suatu search engine.

5.      Result Engine, mesin yang melakukan penggolongan dan penentuan peringkat dari hasil pencarian pada search engine. Mesin ini menentukan halaman mana yang menemui kriteria terbaik dari hasil pencarian berdasarkan permintaan penggunanya, dan bagaimana bentuk penampulan yang akan ditampilkan. Web Server, merupakan komponen yang melayani permintaan dan memberikan respon balik dari permintaan tersebut. Web Server ini biasanya menghasilkan informasi atau dokumen dalam format (HTML).

Manfaat dari search engine adalah mempercepat dan mempermudah kita untuk menemukan website yang memuat konten yang kita cari, bahkan kita juga bisa menemukan banyak hal melalui search engine, seperti : info alamat web, info pendidikan, inf0-info penemuan, dan lain-lain.


http://en.wikipedia.org/wiki/Web_search_engine
id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar